Supermoney88 – Selain terkenal dengan kelezatan kulinernya, seperti surabi, tahu Sumedang, dan nasi tutug oncomnya, salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini juga menyimpan pesona alam yang tak kalah indahnya dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

Sumedang dianugerahi oleh alam dengan keindahan yang luar biasa. Dari perbukitan yang hijau hingga sawah yang luas, destinasi wisata alam di Sumedang menawarkan pemandangan yang memukau.

Sumedang juga memiliki sejarah yang kaya dan keberagaman budaya yang unik. Candi Cangkuang, misalnya, adalah situs sejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan zaman. Tempat ini memberikan pengalaman berharga tentang masa lalu Sumedang.

Selain itu, kearifan lokal seperti seni ukir dan tari tradisional menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin merasakan keberagaman budaya Indonesia. Masih banyak lagi tempat wisata di Sumedang yang bisa dijadikan pilihan untuk berlibur bersama teman, pasangan, ataupun keluarga.

Berikut ini 7 tempat wisata Sumedang yang paling hits dan wajib untuk dikunjungi.

1. Wisata Sumedang: Puncak Darma

Puncak Darma adalah surga bagi para pecinta alam dan petualang. Terletak di perbukitan yang hijau, Puncak Darma menawarkan pemandangan yang memukau, termasuk panorama Kota Sumedang dan pegunungan sekitarnya. Tempat ini cocok untuk hiking, trekking, atau sekadar menikmati udara segar sambil menikmati indahnya alam Sumedang.

Puncak Darma juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk wisatawan, seperti area piknik dan warung makan. Keindahan alam yang disajikan oleh Puncak Darma membuatnya menjadi destinasi yang paling hits di Sumedang dan tak boleh dilewatkan bagi mereka yang mencari pengalaman berlibur yang alami dan menenangkan.

2. Wisata Sumedang: Candi Cangkuang

Bagi para pecinta sejarah dan kearifan lokal, Candi Cangkuang adalah destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan. Candi ini merupakan situs sejarah yang memberikan pengalaman unik tentang masa lalu Sumedang. Dikelilingi oleh danau kecil, Candi Cangkuang menciptakan suasana mistis yang menambah daya tariknya.

Candi Cangkuang memiliki nilai historis yang tinggi, yang membuatnya menjadi destinasi edukatif bagi wisatawan. Kunjungan ke Candi Cangkuang juga dapat disertai dengan berbagai aktivitas seperti perahu dan memancing di sekitar danau. Inilah tempat yang menggabungkan sejarah dan keindahan alam dengan sempurna.

3. Wisata Sumedang: Gunung Tampomas

Gunung Tampomas, dengan ketinggian mencapai 1.684 meter di atas permukaan laut, merupakan destinasi petualangan yang populer di Sumedang. Para pendaki dan pecinta alam sering mendaki gunung ini untuk menikmati keindahan alam sekitarnya. Rute pendakian yang menantang tetapi menarik membuat Gunung Tampomas menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari pengalaman mendebarkan.

Dari puncak Gunung Tampomas, para pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan indah Kota Sumedang dan sekitarnya. Terlepas dari tantangan fisiknya, gunung ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dan menjadi destinasi yang sangat dicari oleh para petualang.

4. Wisata Sumedang: Danau Situ Buleud

Danau Situ Buleud adalah surga bagi pencinta alam dan pecinta keindahan air. Terletak di Kecamatan Tanjungkerta, danau ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan air yang jernih dan suasana yang tenang. Danau Situ Buleud menjadi tempat ideal untuk bersantai, berenang, atau sekadar menikmati keindahan alam.

Di sekitar danau, terdapat area rekreasi yang dilengkapi dengan fasilitas piknik dan tempat duduk, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana damai sambil menikmati kelezatan kuliner lokal. Keindahan danau yang dihiasi dengan perbukitan hijau di sekitarnya menjadikan Danau Situ Buleud sebagai destinasi yang sangat hits di Sumedang.

5. Wisata Sumedang: Kampung Adat Ciptagelar

Bagi yang ingin meresapi kekayaan budaya Sunda, Kampung Adat Ciptagelar adalah destinasi yang sempurna. Kampung ini adalah contoh hidup dari kearifan lokal masyarakat Sunda. Wisatawan dapat mengeksplorasi rumah tradisional, menyaksikan pertunjukan seni tradisional, dan berinteraksi langsung dengan penduduk setempat.

Kampung Adat Ciptagelar juga menawarkan program homestay, yang memungkinkan pengunjung untuk tinggal bersama keluarga lokal dan benar-benar meresapi kehidupan sehari-hari masyarakat Sunda. Pengalaman ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang budaya lokal dan menjadikan Kampung Adat Ciptagelar sebagai destinasi wisata yang paling hits di Sumedang.

6. Wisata Sumedang: Bendungan Jatigede

Bendungan Jatigede bukan hanya sebuah konstruksi teknik yang megah, tetapi juga destinasi wisata yang menarik. Bendungan ini memiliki danau buatan yang luas, menciptakan pemandangan yang memukau dengan air yang tenang dan langit biru yang cerah. Pengunjung dapat menikmati keindahan Bendungan Jatigede sambil berkeliling menggunakan perahu atau sekadar bersantai di tepi danau.

Selain itu, area sekitar bendungan juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi seperti taman bermain anak-anak, tempat duduk, dan area piknik. Bendungan Jatigede menjadi tempat yang populer untuk berkumpul bersama keluarga atau teman, menikmati indahnya alam sambil menikmati fasilitas rekreasi yang disediakan.

7. Wisata Sumedang: Pasar Tumpah

Pasar Tumpah adalah surga bagi pecinta kuliner tradisional Sumedang. Terletak di pusat kota, pasar ini menawarkan berbagai jajanan khas Sumedang yang lezat dan unik. Salah satu hidangan yang wajib dicoba adalah surabi, sejenis pancake yang terkenal dengan rasa gurih dan manisnya.

Pasar Tumpah juga menyajikan berbagai hidangan tradisional lainnya seperti tahu Sumedang, nasi tutug oncom, dan aneka kue tradisional. Pengunjung dapat menjelajahi pasar ini untuk mencicipi kelezatan kuliner lokal sambil menikmati atmosfer pasar tradisional yang ramai.