Supermoney88 – Indonesia, dengan keberagaman budaya dan keindahan alamnya, menyimpan berbagai destinasi wisata yang menakjubkan. Salah satu tempat yang patut untuk dijelajahi adalah Lumajang karena kaya akan wisata alam, budaya dan sejarahnya.

Lumajang daerah mana? Lumajang terletak di sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia dan dikelilingi oleh pegunungan dan lautan. Kabupaten ini memiliki posisi strategis, berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo di barat, Kabupaten Jember di selatan, Selat Bali di timur, serta Samudera Hindia di utara.

Lumajang tidak hanya mempesona para pencinta alam dan sejarah, tetapi juga menyajikan berbagai daya tarik wisata yang menghibur. Apa saja tempat wisata Lumajang yang harus dikunjungi? Berikut beberapa daftarnya.

Tempat Wisata Lumajang

1. Gunung Semeru

Tempat wisata Lumajang pertama yang wajib dikunjungi adalah Gunung Semeru. Gunung Semeru, yang juga dikenal sebagai Mahameru, adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Terletak di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pemandangan gunung ini memukau dengan kemegahan alamnya. Pendakian ke puncak Semeru merupakan salah satu kegiatan favorit para pendaki dan pencinta alam.

Rute pendakian ke puncak Semeru melewati pemandangan yang menakjubkan, seperti padang savana Lumajang, Savana Ranu Kumbolo dan Danau Ranu Kumbolo yang indah. Para pendaki juga dapat menyaksikan fenomena alam langka, yaitu lahar dingin dan kawah Semeru yang terus meletus dengan debu dan asap yang mengesankan.

Pendakian ini tidak hanya menawarkan petualangan fisik yang menantang, tetapi juga memberikan pengalaman spiritual karena di puncak Semeru terdapat pura kecil yang menjadi tempat bersembahyang bagi masyarakat Hindu. Dengan keindahan alamnya dan pengalaman pendakian yang unik, Gunung Semeru menjadi daya tarik utama Lumajang yang wajib dikunjungi.

2. Pantai Watu Ulo

Lumajang tidak hanya dikenal dengan keindahan pegunungan, tetapi juga memiliki pantai yang memukau. Salah satu pantai yang patut dikunjungi adalah Pantai Watu Ulo. Pantai ini terletak di Desa Wotgalih, Kecamatan Tempursari, dan menjadi surga bagi para peselancar.

Ombak yang tinggi dan bersahabat menjadikan Pantai Watu Ulo sebagai destinasi favorit bagi para penggemar olahraga selancar. Selain itu, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, menciptakan suasana yang menyenangkan bagi pengunjung yang hanya ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam.

Pantai ini juga menjadi tempat yang ideal untuk menikmati matahari terbenam yang spektakuler. Suara deburan ombak yang lembut dan panorama matahari terbenam yang mempesona membuat Pantai Watu Ulo menjadi destinasi romantis bagi pasangan yang ingin menghabiskan waktu bersama.

3. Air Terjun Lumajang Tumpak Sewu

Wisata Lumajang, Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satu keajaiban alam yang memukau. Terletak di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur. Nama "Tumpak Sewu" sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti "seribu air."

Mengunjungi Air Terjun Lumajang Tumpak Sewu memberikan pengalaman yang luar biasa. Para pengunjung harus melewati medan yang menantang untuk mencapai lokasi air terjun, namun usaha ini sebanding dengan keindahan alam yang ditawarkan. Dari ketinggian, air terjun ini terlihat seperti tirai air yang indah, terbentang lebar di antara dinding-dinding tebing hijau.

Area sekitar Air Terjun Lumajang Tumpak Sewu juga menawarkan pemandangan alam yang memesona, termasuk hamparan sawah terasering yang hijau. Air terjun ini bukan hanya destinasi bagi para pecinta alam, tetapi juga bagi para fotografer yang ingin menangkap keindahan alam Lumajang dalam bingkai gambar.

4. Candi Amakusa

Tempat wisata Lumajang bersejarah yang juga harus dikunjungi adalah Candi Amakusa. Candi Amakusa adalah situs sejarah yang penting di Lumajang. Terletak di Desa Amakusa, Kecamatan Senduro, candi ini merupakan kompleks candi Hindu yang berasal dari abad ke-14. Meskipun ukurannya tidak sebesar candi-candi di Jawa Tengah, Candi Amakusa memiliki keunikan arsitektur dan ornamen relief yang memikat.

Melihat Candi Amakusa adalah seperti melakukan perjalanan kembali ke masa lampau, mengenang kejayaan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Bagi para penggemar sejarah dan arkeologi, Candi Amakusa menjadi destinasi yang sangat menarik untuk dijelajahi.

5. Taman Safari Indonesia II Prigen

Bagi wisatawan yang berkunjung bersama keluarga, Taman Safari Indonesia II Prigen adalah destinasi yang sempurna. Terletak di lereng Gunung Arjuno, taman safari ini menawarkan pengalaman mendebarkan melihat satwa liar dalam habitat alaminya.

Para pengunjung dapat melakukan safari menggunakan mobil atau bus yang telah disediakan oleh taman. Mereka dapat melihat berbagai satwa, seperti harimau, singa, gajah, dan banyak lagi, berinteraksi dalam lingkungan yang menyerupai habitat asli mereka. Selain itu, taman ini juga memiliki atraksi menarik, seperti pertunjukan satwa, kolam air mancur, dan area bermain untuk anak-anak.

Selain memberikan pengalaman rekreasi yang menyenangkan, Taman Safari Indonesia II Prigen juga memiliki pendekatan edukatif. Pengunjung dapat belajar tentang keanekaragaman hayati dan konservasi satwa liar melalui berbagai program pendidikan yang diselenggarakan di taman ini.

6. Desa Tumpakrejo

Desa Tumpakrejo menjadi salah satu tempat wisata Lumajang karena dikenal sebagai pusat kerajinan tangan tradisional. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan langsung proses pembuatan berbagai kerajinan, mulai dari anyaman bambu hingga batik tradisional. Desa ini menjadi saksi perkembangan seni dan keterampilan masyarakat setempat.

Membeli oleh-oleh berupa kerajinan tangan dari Desa Tumpakrejo tidak hanya mendukung ekonomi lokal tetapi juga menjadi cara untuk melestarikan tradisi dan keahlian yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Selain itu, para pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan pengrajin lokal, mendengarkan cerita mereka, dan bahkan mencoba membuat beberapa kerajinan sendiri.

7. Hutan Bambu Lumajang

Hutan Bambu Lumajang membawa pengunjungnya masuk ke dunia ajaib yang penuh dengan hijau yang menyejukkan dan suasana hutan yang damai. Dikelilingi oleh rimbunnya dedaunan bambu yang tinggi menjulang, hutan ini menciptakan atmosfer yang menenangkan dan menyegarkan bagi siapa saja yang memasukinya.

Dedalu jalan setapak yang meliuk-liuk di antara rumpun bambu memberikan pengalaman berjalan-jalan yang unik. Suara gemericik air dan nyanyian burung hutan menambahkan keharmonisan alam yang membuat pengunjung merasa terhubung dengan kehidupan di dalam hutan.


8. Alun Alun Lumajang

Tempat wisata Lumajang terakhir yang bisa  kamu kunjungi adalah alun alun Lumajang. Alun-Alun Lumajang tidak hanya menjadi tempat untuk bersantai, tetapi juga menjadi saksi bisu keberagaman kegiatan sosial dan budaya. Setiap hari, alun-alun ini menjadi tempat berkumpulnya masyarakat Lumajang dari berbagai kalangan.

Mulai dari pedagang kaki lima yang menawarkan kuliner khas hingga seniman jalanan yang menampilkan keahlian mereka, keberagaman warna kehidupan masyarakat Lumajang tergambar di setiap sudut Alun-Alun.

Pasar malam yang sering diadakan di sekitar Alun Alun menambah semarak suasana. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam kuliner tradisional, mencicipi makanan khas daerah, dan bersantai sembari menikmati pertunjukan musik atau seni lokal. Keberagaman kegiatan ini menciptakan atmosfer yang hidup dan penuh kegembiraan di Alun-Alun Lumajang.