Supermoney88 – Indonesia, sebagai negara kepulauan yang kaya akan keindahan alamnya, menyajikan sejuta pesona yang memikat. Salah satu destinasi yang tidak boleh terlewatkan adalah Nusa Tenggara Barat (NTB), sebuah provinsi yang terletak di bagian barat Nusa Tenggara, Indonesia. NTB menawarkan kekayaan budaya, sejarah, dan tentu saja, pesona alam yang luar biasa.

Salah satu destinasi wisata Nusa Tenggara Barat yang wajib kamu kunjungi di waktu libur adalah pulau-pulau aesthetic-nya. Pulau di Nusa Tenggara Barat cukup beragam dengan keanekaragaman biota laut dan aktivitas wisatanya.

Dan masih banyak yang belum tahu, seberapa mengesankannya pulau di Nusa Tenggara Barat ini. Berikut rekomendasi wisata NTB yang terbaik dari segi pulaunya.

Pulau di Nusa Tenggara Barat

1. Pulau di Nusa Tenggara Barat: Pulau Lombok

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air
Tiga pulau kecil ini, yang dikenal sebagai Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, adalah destinasi utama di Lombok. Dengan air laut yang jernih, pasir putih, dan lingkungan yang tenang, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air menawarkan pesona bawah laut yang memikat. Aktivitas snorkeling, diving, dan bersantai di tepi pantai adalah kegiatan yang paling disukai di sini.

Pulau Sira Beach
Pulau Sira Beach, terletak di sebelah barat daya Lombok, adalah surga tersembunyi dengan pantai pasir putih dan air laut yang tenang. Keindahan alamnya yang masih alami menjadikan pulau ini tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu santai sambil menikmati matahari terbenam yang spektakuler.

Pulau Moyo
Pulau Moyo, berjarak beberapa jam perjalanan dari Lombok, menawarkan pesona alam yang tak terlupakan. Dengan hutan hijau yang lebat, air terjun yang menakjubkan, dan pantai yang indah, Pulau Moyo adalah destinasi yang ideal bagi pecinta petualangan dan pencinta alam.

2. Pulau di Nusa Tenggara Barat: Pulau Sumbawa

Pulau Kenawa
Pulau Kenawa, terletak di sebelah barat daya Sumbawa, adalah surga kecil yang belum banyak dijamah oleh wisatawan. Dengan hamparan savana hijau dan pemandangan laut yang mempesona, pulau ini cocok untuk camping, trekking, dan bersantai di tepi pantai.

Pulau Satonda
Pulau Satonda adalah pulau vulkanik yang terletak di sebelah barat daya Sumbawa. Danau asin yang terletak di kawah bekas gunung berapi dan hutan yang lebat menjadikan pulau ini destinasi unik untuk dijelajahi. Aktivitas snorkeling di sekitar pulau juga akan memperkaya pengalaman kamu.

3. Pulau di Nusa Tenggara Barat: Pulau Komodo
Meskipun sebagian besar Taman Nasional Komodo berada di Nusa Tenggara Timur, sebagian pulau Komodo termasuk dalam wilayah Nusa Tenggara Barat. Pulau ini menjadi rumah bagi komodo, hewan kadal raksasa yang hanya dapat ditemui di Indonesia. Wisatawan dapat melakukan trekking di pulau ini sambil menyaksikan kehidupan liar komodo dan pemandangan alam yang menakjubkan.

4. Pulau di Nusa Tenggara Barat: Pulau Flores
Meskipun sebagian besar Pulau Flores termasuk dalam wilayah Nusa Tenggara Timur, bagian barat daya Pulau Flores termasuk dalam Nusa Tenggara Barat. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, seperti Danau Kelimutu dengan tiga danau berwarna yang menakjubkan. Juga, Pantai Pink di Pulau Komodo, yang terkenal dengan pasirnya yang berwarna pink.

5. Pulau di Nusa Tenggara Barat: Pulau Rinca
Mirip dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca adalah rumah bagi komodo yang eksotis. Trekking di pulau ini akan membawa kamu melintasi savana terbuka yang memikat dan memberikan kesempatan untuk melihat komodo dalam habitat alaminya.

6. Pulau di Nusa Tenggara Barat: Pulau Gede
Pulau Gede, yang terletak di dekat Pantai Senggigi, Lombok, menawarkan kombinasi yang menarik antara keindahan alam dan budaya lokal. Pantai-pantai eksotis dan air terjun yang menakjubkan membuat Pulau Gede layak untuk dikunjungi.

Tips Perjalanan ke Pulau di Nusa Tenggara Barat

  • Musim Terbaik untuk Berkunjung: Rencanakan kunjungan kamu selama musim kemarau (April hingga September) untuk menikmati cuaca yang cerah dan air laut yang tenang.
  • Transportasi: Pulau-pulau di NTB dapat diakses melalui perjalanan laut atau udara. Penyelenggaraan perjalanan yang baik melibatkan penerbangan domestik dan feri antarpulau.
  • Aktivitas: Selain berenang dan snorkeling, manfaatkan kesempatan untuk melakukan trekking, camping, dan mengeksplorasi kehidupan laut melalui diving.