Supermoney88 – Indonesia, dengan keberagaman budaya dan keindahan alamnya, terkenal sebagai destinasi pariwisata yang menakjubkan. Salah satu permata tersembunyi yang semakin mencuri perhatian adalah Nusa Penida, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Bali.

Nusa Penida memiliki sejarah yang kaya dan mencakup warisan budaya yang unik. Dahulu, pulau ini dihuni oleh masyarakat yang menjaga tradisi dan kearifan lokal. Beberapa pura kuno seperti Pura Ped, Pura Dalem Penataran Ped, dan Pura Goa Giri Putri menjadi saksi bisu perjalanan sejarah pulau ini. Meskipun berkembang sebagai destinasi pariwisata, upaya pelestarian budaya tetap menjadi fokus masyarakat setempat untuk memastikan bahwa warisan nenek moyang tetap terjaga.

Terpisah dari hiruk-pikuk kehidupan pulau utama, Nusa Penida mempesona wisatawan dengan pantai-pantai indah, tebing-tebing dramatis, dan kehidupan bawah laut yang memukau. Penasaran dengan pulau dengan pulau Nusa Penida? Mari kita telusuri rekomendasi tempat wisata di Nusa Penida yang wajib kamu kunjungi untuk mengungkap keajaiban alamnya yang memukau.

1. Kelingking Beach Nusa Penida

Salah satu destinasi paling ikonik di Pulau Nusa Penida Bali adalah Pantai Kelingking. Terkenal dengan pemandangan tebing yang menyerupai ekor paus, pantai ini menawarkan panorama alam yang tak terlupakan.

Akses menuju pantai ini mungkin memerlukan sedikit usaha karena jalan setapak yang curam, tetapi setibanya di sana, kamu akan disuguhi pemandangan yang akan memanjakan mata. Pasir putih yang lembut dan air laut yang biru jernih akan membuatmu tak henti-henti takjub.

Panorama alamnya yang megah membuat Pantai Kelingking menjadi tempat yang sangat cocok untuk berfoto dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

2. Crystal Bay Nusa Penida

Bagi para pecinta kehidupan bawah laut, Crystal Bay adalah destinasi yang sempurna. Airnya yang jernih dan terumbu karang yang indah menjadikan lokasi ini sebagai surga bagi para penyelam dan penggemar snorkeling Nusa Penida.

Di bawah permukaan air, kamu dapat menjumpai kehidupan laut yang beragam, termasuk ikan-ikan warna-warni dan terumbu karang yang masih alami. Crystal Bay Nusa Penida juga menjadi tempat yang ideal untuk bersantai di pasir putih sambil menikmati keindahan laut yang memukau.

3. Angel's Billabong Nusa Penida

Angel's Billabong adalah fenomena alam unik di Nusa Penida yang tak boleh dilewatkan. Terletak di ujung Pantai Pasih Uug (Broken Beach), Angel's Billabong adalah kolam alami yang terbentuk di antara batuan karang.

Selama air laut surut, kolam ini menjadi jernih dan menciptakan kesempatan untuk berenang dan bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang spektakuler. Keajaiban alam ini memberikan pengalaman yang istimewa bagi para pengunjung yang menyukai petualangan di tengah-tengah keindahan alam.

4. Broken Beach

Tak jauh dari Angel's Billabong, terdapat Broken Beach yang menawarkan pemandangan spektakuler dari atas tebing. Terkenal dengan lengkungan batu karang yang memisahkan laut dari daratan, pantai ini memberikan pengalaman yang unik. Jalan setapak di sepanjang tebing memungkinkan kamu menikmati panorama laut yang memukau. Broken Beach Nusa Penida menjadi tempat yang tepat untuk mengagumi keindahan alam sambil merasakan angin sepoi-sepoi laut.

5. Temeling Forest

Jika kamu sedang mencari tempat yang lebih tersembunyi dan damai untuk tema liburanmu kali ini, Temeling Forest adalah jawabannya. Terletak di bagian tengah pulau, hutan ini menawarkan trekking yang menarik melalui hutan lebat.

Di tengah perjalanan, kamu akan menemui air terjun yang segar dan kolam air yang mengundang untuk berenang. Temeling Forest memberikan kontrast yang menyegarkan dengan pesona alamnya yang tenang dan suasana yang jauh dari keramaian pantai-pantai utama di Pulau Nusa Penida Bali.

6. Goa Giri Putri

Goa Giri Putri adalah tempat suci yang tersembunyi di dalam goa yang luas. Lokasi ini menjadi destinasi populer bagi wisatawan yang mencari pengalaman spiritual dan ingin mengunjungi pura yang berbeda. Untuk mencapai pura ini, kamu harus melewati lorong-lorong goa yang sempit dan gelap. Begitu sampai di dalam, suasana suci dan keheningan,ketenangan akan menyambut kamu. Pemandangan dari dalam goa menunjukkan arsitektur pura yang unik dan membuat pengunjung merasakan kedamaian spiritual.

7. Peguyangan Waterfall

Peguyangan Waterfall adalah destinasi yang menarik karena aksesnya yang melibatkan perjalanan menuruni anak tangga yang panjang. Anak tangga ini merupakan bagian dari perjalanan menuju tempat suci Peguyangan, sehingga pengunjung bisa merasakan pengalaman spiritual sambil menikmati keindahan alam. Air terjun di ujung anak tangga menambah daya tarik Peguyangan Waterfall sebagai tempat yang unik dan menantang untuk dijelajahi.

8. Sampalan Beach Nusa Penida

Sampalan Beach adalah pilihan terbaik bagi mereka yang mencari keindahan pantai yang lebih tenang dan terlupakan. Terletak di sebelah timur pulau, pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbit yang memukau. Pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang membuat Sampalan Beach menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati momen keheningan yang langka di tengah pesona Nusa Penida.

Dengan mengeksplorasi tempat wisata yang direkomendasikan di atas, kamu akan mendapati bahwa dirimu sudah terperangkap dalam keindahan alam yang memukau dan keunikan budaya yang menjadikan Nusa Penida sebagai permata tersembunyi di timur Bali.