CRINKEN.COM – Buah plum adalah salah satu buah yang dikenal memiliki rasa manis dan segar dengan tekstur yang lembut. Buah ini berasal dari tanaman dengan nama ilmiah Prunus domestica dan telah lama dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan.

Terdapat berbagai jenis buah plum yang dibudidayakan di seluruh dunia, masing-masing dengan karakteristik rasa, tekstur, dan warna yang unik. Beberapa jenis plum yang terkenal antara lain:

  • Plum Eropa (Prunus domestica): Jenis ini memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, sering digunakan untuk pembuatan selai dan kue.
  • Plum Jepang (Prunus salicina): Lebih besar dan berair dibandingkan plum Eropa, dengan rasa yang lebih manis.
  • Damson Plum (Prunus insititia): Memiliki rasa yang lebih tajam dan sering digunakan dalam pembuatan anggur dan minuman keras.
  • Greengage (Prunus italica): Plum berwarna hijau dengan rasa yang sangat manis.

Kandungan Gizi Buah Plum

Seperti yang sudah diungkapkan diawal, buah plum yang memiliki berbagai warna seperti merah, ungu, kuning, dan hijau memiliki kandungan gizi yang cukup beragam. Semua gizi yang dihasilkan sangat dibutuhkan tubuh. Berikut beberapa kandungan gizi buah plum:

Vitamin C
Plum mengandung vitamin C yang tinggi, yaitu sekitar 9.5 mg per 100 gram. Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat dan penting untuk sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi dari makanan, serta mendukung kesehatan kulit dan pembuluh darah.

Vitamin K
Plum juga merupakan sumber vitamin K yang baik, dengan kandungan sekitar 6.4 µg per 100 gram. Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan masalah pembekuan darah dan meningkatkan risiko osteoporosis.

Vitamin A
Plum mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam plum adalah sekitar 345 IU per 100 gram. Vitamin A juga penting untuk kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh.

Serat
Plum kaya akan serat makanan, dengan kandungan sekitar 1.4 gram per 100 gram. Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan, membantu mencegah sembelit, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Kalium
Plum mengandung kalium yang cukup tinggi, sekitar 157 mg per 100 gram. Kalium adalah mineral yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, fungsi otot, dan tekanan darah.

Antioksidan
Plum kaya akan antioksidan seperti polifenol, termasuk antosianin, yang memberikan warna merah atau ungu pada plum. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Gula Alami
Plum mengandung gula alami seperti glukosa dan fruktosa. Meskipun manis, plum memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tiba-tiba.

Kalori
Buah plum rendah kalori, hanya sekitar 46 kalori per 100 gram. Ini menjadikannya pilihan buah yang baik untuk mereka yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan.

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

1. Manfaat Buah Plum: Menjaga Kesehatan Otak
Buah plum mengandung antioksidan yang tinggi, terutama polifenol, yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang penting untuk fungsi kognitif yang optimal. Mengonsumsi plum secara rutin dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif dan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

2. Manfaat Buah Plum: Meningkatkan Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin C dalam buah plum tidak hanya baik untuk sistem kekebalan tubuh, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Dengan mengonsumsi plum, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap kencang, halus, dan bebas dari kerutan. Selain itu, antioksidan dalam plum juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi.

3. Manfaat Buah Plum: Membantu Mengatasi Anemia
Plum kaya akan zat besi, yang penting untuk produksi sel darah merah. Bagi mereka yang menderita anemia atau kekurangan zat besi, mengonsumsi plum dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah gejala anemia seperti kelelahan, lemah, dan pusing. Kombinasi zat besi dan vitamin C dalam plum juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

4. Manfaat Buah Plum: Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Selain kandungan serat yang tinggi, buah plum mengandung senyawa sorbitol dan isatin yang memiliki efek pencahar alami. Senyawa ini membantu memperlancar pergerakan usus dan mencegah sembelit. Plum juga membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus, yang penting untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

5. Manfaat Buah Plum: Menurunkan Risiko Kanker
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah plum membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dan DNA, yang merupakan penyebab utama perkembangan kanker. Beberapa studi menunjukkan bahwa plum memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker usus besar dan kanker payudara. Konsumsi plum secara rutin dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker.

6. Manfaat Buah Plum: Menjaga Kesehatan Jantung
Kalium dalam buah plum berperan penting dalam mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Dengan mengonsumsi plum, Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, serat dalam plum juga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

7. Manfaat Buah Plum: Membantu Pengendalian Berat Badan
Plum adalah buah yang rendah kalori tetapi tinggi serat, sehingga cocok untuk mereka yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan. Serat dalam plum membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Selain itu, plum juga membantu mengatur metabolisme dan membakar lemak lebih efisien.

8. Manfaat Buah Plum: Meningkatkan Kesehatan Mata
Buah plum mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten, yang penting untuk kesehatan mata. Beta-karoten membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah degenerasi makula, penyebab utama kebutaan pada orang dewasa. Dengan mengonsumsi plum, Anda dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan.

9. Manfaat Buah Plum: Mengurangi Gejala Menopause
Bagi wanita yang mengalami menopause, plum dapat menjadi makanan yang bermanfaat. Plum mengandung fitoestrogen, senyawa alami yang mirip dengan hormon estrogen. Fitoestrogen dapat membantu mengurangi gejala menopause seperti hot flashes, keringat malam, dan perubahan suasana hati. Mengonsumsi plum secara rutin dapat membantu wanita melewati masa menopause dengan lebih nyaman.

10. Manfaat Buah Plum: Meningkatkan Kesehatan Tulang
Vitamin K dan kalium dalam plum berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam pembentukan osteocalcin, protein yang berperan dalam pengikatan kalsium di tulang. Sementara itu, kalium membantu mencegah hilangnya kalsium dari tulang dan menjaga kepadatan tulang. Konsumsi plum secara rutin dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang.

11. Manfaat Buah Plum: Meningkatkan Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh
Selain vitamin C, buah plum juga mengandung berbagai vitamin dan mineral lain yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dalam plum membantu melindungi sel-sel kekebalan dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan sistem kekebalan yang kuat, tubuh lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

12. Manfaat Buah Plum: Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes
Plum memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Serat dalam plum membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah dan mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba. Selain itu, senyawa bioaktif dalam plum juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang penting untuk pengelolaan diabetes.

13. Manfaat Buah Plum: Mengurangi Stres dan Meningkatkan Mood
Buah plum mengandung berbagai vitamin B, termasuk B6, yang berperan dalam produksi neurotransmitter seperti serotonin. Serotonin adalah zat kimia dalam otak yang membantu mengatur suasana hati dan mengurangi stres. Dengan mengonsumsi plum, Anda dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan.

14. Manfaat Buah Plum: Meningkatkan Kesehatan Rambut
Kandungan vitamin dan mineral dalam buah plum juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Vitamin C membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, yang penting untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, zat besi dalam plum membantu mencegah kerontokan rambut yang disebabkan oleh anemia.

15. Manfaat Buah Plum: Detoksifikasi Tubuh
Plum memiliki sifat diuretik alami, yang membantu meningkatkan produksi urine dan membuang racun dari tubuh. Dengan mengonsumsi plum, Anda dapat membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami dan menjaga kesehatan ginjal.